Menu Close

Tips Aman Membeli Obat Fargetix Secara Online

Masa pandemi Covid-19 membuat segala kegiatan harus dilakukan tanpa tatap muka atau kontak langsung alias online termasuk dalam membeli obat Fargetix.

Untuk mendapatkan pereda nyeri ini Anda bisa membelinya di banyak toko obat online yang tersebar di seluruh Indonesia atau melalui platform terpercaya.

Meski begitu, Anda perlu berhati-hati saat membeli obat online karena dikhawatirkan Anda terkena penipuan baik oleh toko yang menjual maupun produk yang dijual yang sering terjadi apalagi di masa pandemi.

Agar Anda tidak mengalami hal seperti itu, yuk mari perhatikan hal-hal berikut ini!

Tips Aman Membeli Obat Online

Perhatikan sarananya

Hal pertama yang harus diperhatikan saat Anda memutuskan membeli obat secara online adalah perhatikan sarana atau tempat yang menjual obat tersebut.

Sarana yang dimaksud tersebut adalah apotik atau toko yang sudah memiliki izin operasional secara online yang didapat dari Kementerian Kesehatan.

Apabila toko tempat menjual barang tersebut sudah mempunyai izin operasional seperti itu, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi.

Memenuhi Standar Layanan Kefarmasian

Hal kedua adalah perhatikan apakah toko yang menjual obat tersebut memenuhi standar layanan kefarmasian berdasarkan undang-undang.

Yang termasuk dalam standar ini adalah bentuk tanggung jawab toko atau apotek tersebut terhadap konsumen atas produk yang dijualnya.

Apabila Anda hendak membeli obat keras tentunya harus disertakan dengan resep dari dokter. Apotek online yang benar tentunya akan menyarankan dan meminta hal tersebut.

Bukan Individu

Selanjutnya adalah yang menjual obat Fargetix bukanlah individu atau orang per orangan karena tidak kewenangan bagi individu untuk menjualnya apalagi Fargetix termasuk salah satu obat keras yang tidak boleh sembarangan penggunaannya.

Jika Anda menemukan hal tersebut, sebaiknya segera tinggalkan, laporkan ke pihak berwenang,  dan pilih apotek online terpercaya.

Perhatikan Izin Edar

Ini yang perlu juga Anda lakukan saat membeli obat secara online. Perhatikanlah izin edar obat tersebut yang didapat dari BPOM.

Sebab, obat yang beredar luas harus ada izin edar dari BPOM. Jika tidak ada, Anda harus curiga karena kemungkinan itu adalah obat palsu.

Berhati-hatilah jika ada penawaran obat secara online dari pihak-pihak yang tidak jelas identitasnya.

Perhatikan Distribusinya

Distribusi sangat penting untuk mengetahui sejauh mana obat yang Anda beli benar-benar berkualitas.

Apotek online yang baik biasanya akan bekerja sama dengan jasa pengiriman barang untuk mengirimkan barang ke rumah Anda.

Cara Mengecek Keamanan Obat Online Menurut BPOM.

BPOM sendiri sebagai badan yang mengeluarkan izin edar obat di Indonesia telah mengeluarkan panduan berupa cara mengecek obat online. 

Cara itu adalah dengan melalui KLIK atau perhatikan kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa. Berikut penjelasannya:

  • Kemasan, yaitu phastikan kemasan produk dalam kondisi baik, tidak sobek, berlubang, karatan, peyok, atau mengalami kerusakan lainnya.
  • Label, para calon pembeli obat diharuskan membaca terlebih dahulu informasi produk yang dijual, yang tertera pada label kemasan dengan cermat.
  • Izin edar, pastikan obat atau vitamin yang akan dibeli memiliki izin edar dari badan POM. Izin tersebut dapat dicek di aplikasi Cek BPOM,   yang dapat diunduh melalui Google Play Store bagi pengguna perangkat Android, atau Apple Store bagi pengguna perangkat iOS.
  • Kedaluwarsa, pastikan produk yang dijual tidak melebihi tanggal kedaluwarsa.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli obat secara online termasuk obat Fargetix, dan belilah secukupnya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *