Menu Close

Potensi Echinacea Dalam Imboost Tablet

manfaat Echinacea dalam imboost tablet

Echinacea adalah sekelompok tanaman berbunga yang masuk ke dalam keluarga aster, bersama tanaman lain seperti bunga matahari, chamomile, chicory, dan bunga krisan. Ada banyak spesies echinacea, dengan yang paling populer adalah echinacea pallida, echinacea laevigata, echinacea tennesseensis, dan yang paling populer echinacea purpurea yang bisa Anda temukan di banyak produk suplemen seperti Imboost tablet. Daun dan akar dari tanaman tersebut telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tanaman ini sangat populer digunakan sebagai obat alami mengurangi demam dan gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, dan adanya tekanan pada sinus. 

Apakah benar-benar bermanfaat?

Echinacea banyak ditemukan di produk herbal peningkat kekebalan tubuh seperti Imboost tablet. Namun, penelitian memberikan hasil yang bervariasi seputar kemampuan echinacea dalam mengurangi gejala demam. Misalnya, satu tinjauan dari 16 studi menyimpulkan bahwa tanaman herbal ini lebih efektif dibandingkan dengan placebo dalam mencegah dan merawat infeksi pernapasan atas seperti demam. Sebuah tinjauan 14 studi lain menemukan bahwa echinacea dapat mengurangi kemungkinan menderita demam sebesar 58 persen dan mengurangi durasi gejala demam selama 14 hari. Dengan hasil yang sama, konsumsi echinacea untuk gejala demam dapat mengurangi durasi gejala sebesar 67 persen dibandingkan dengan penggunaan placebo. 

Dalam sebuah tinjauan yang melibatkan hampir 2500 orang, ekstrak echinacea ditemukan dapat mengurangi risiko kambuhnya infeksi saluran pernapasan dan mengurangi komplikasi seperti pneumonia, tonsillitis, dan infeksi telinga. Beragam uji tabung reaksi dan studi hewan juga menyimpulkan bahwa esktrak echinacea dapat meningkatkan fungsi imun dengan meningkatkan produksi sel imun khusus di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, tetapi ektrak echinacea juga dapat membantu merawat gejala flu. 

Dalam satu studi yang melibatkan 473 penderita flu, minum minuman yang mengandung echinacea efektif menjadi obat antivirus dalam merawat gejala yang ditimbulkan. Namun, studi tersebut didanai oleh produsen obat yang mana mungkin memengaruhi hasil yang didapatkan. Di sisi lain, satu tinjauan besar akan 24 studi menemukan bahwa echinacea tidak secara signifikan mencegah gejala demam. Akan tetapi, ada bukti lemah yang menyatakan bahwa tanaman herbal ini dapat mengurangi insiden terjadinya demam. Meskipun demikian, menurut tinjauan tersebut, banyak studi tentang keefektivan echinacea memiliki risiko tinggi untuk bersifat bias dan tidak terlalu kuat, dalam arti hasil yang disajikan mungkin tidak penting secara statistik. Oleh karena itu, penelitian kualitas lebih tinggi dibutuhkan untuk menentukan apakah tanaman herbal ini benar-benar dapat membantu merawat demam. 

Meskipun echinacea umumnya dianggap aman ketika digunakan sesuai dengan anjuran, tanaman herbal ini telah dihubungkan dengan beberapa potensi efek samping, termasuk nyeri lambung, mual, ruam kulit, kesulitan bernapas, dan pembengkakan pada kulit. Sebagai tambahan, meskipun studi menunjukkan bahwa tanaman herbal ini aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, penggunaannya harus penuh kehati-hatian karena studi pada manusia dengan kualitas yang baik masih belum tersedia. Ada baiknya pula untuk Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan suplemen herbal apapun, terutama apabila Anda sedang mengandung dan menyusui. 

Echinacea adalah tanaman herbal dengan sifat kesehatan yang kuat. Meskipun beberapa penelitian menemukan bahwa tanaman herbal ini dapat merawat dan mencegah demam, studi lain menyimpulkan bahwa tanaman ini tidak memberikan dampak yang cukup signifikan. Oleh karena itu, studi kualitas tinggi pada manusia masih dibutuhkan. Anda bisa mendapatkan manfaat echinacea dalam Imboost tablet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *