Menu Close

Ini Penyebab Lambatnya Pertumbuhan Payudara Serta Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Lambatnya Pertumbuhan Payudara Serta Cara Mengatasinya

Pertumbuhan payudara adalah respon dari tubuh wanita yang mengalami masa pubertas. Pertumbuhan payudara umumnya mulai terjadi pada umur 8-13 tahun dan ini bisa terus berkembang sampai umur 20an. Terkait waktu pertumbuhan buah dada akan bisa berbeda pada tiap orang. Ada wanita yang mengalami masa pertumbuhan buah dada lebih cepat ada juga yang lebih lambat.

Faktor Penghambat Pertumbuhan Payudara 

Saat wanita mendapati pertumbuhan payudara yang lebih lambat atau bahkan tak menunjukan pertumbuhan payudara, jelas ini akan memicu kecemasan pada wanita. Ditakutkan pertumbuhan buah dada yang lebih lambat ini mengasumsikan sebuah penyakit pada payudara. Lalu, apa saja penyebab lambatnya pertumbuhan payudara? Simak beberapa penjelasan berikut:

1. Faktor genetik

Pertumbuhan buah dada seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika pada Ibu terdapat turunan payudara kecil dan cenderung lambat dalam masa pertumbuhan buah dada, kemungkinan besar Anda akan mewarisi cerita payudara Ibu pada Anda. Tapi diluar itu tak semua pertumbuhan payudara yang lambat disebabkan oleh faktor genetik. Karena ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi lambatnya pertumbuhan buah dada.

2. Masalah berat badan

Pernah melihat wanita dengan tubuh kurus cenderung memiliki payudara yang kecil? Hal ini disebabkan oleh lemak yang sedikit pada payudara. Saat tubuh seseorang mengalami kenaikan jumlah lemak, bagian tubuh lain pun juga akan mendapati kenaikan lemak, termasuk payudara. 

Jadi apabila Anda merasa pertumbuhan buah dada cenderung lebih lambat dari pada perkiraan, bisa jadi lemak pada tubuh Anda masih kurang dan harus sedikit ditambahkan agar menjadi ideal.

3. Nutrisi

Nutrisi yang masuk kedalam tubuh ternyata dapat mempengaruhi pertumbuhan payudara seseorang lho.. Hormon yang diperlukan untuk mendukung perkembangan payudara tidak akan bekerja dengan baik saat tubuh tidak banyak mengkonsumsi makanan bernutrisi yang baik bagi tubuh. Inilah sebabnya mengapa wanita harus rajin mengkonsumsi makanan bernutrisi sehingga badan dan anggota tubuh tidak akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan.

4. Hipoplasia payudara

Wanita yang mengalami hipoplasia buah dada juga sangat mungkin mengalami pertumbuhan buah dada yang tidak baik serta lambat. Ini terjadi karena perkembangan jaringan pada payudara tidak memadai sehingga dapat menghambat perkembangan payudara pada wanita. Tingkat hipoplasia payudara dapat berbeda-beda pada tiap penderita. Pada beberapa kasus, buah dada yang mengalami hipoplasia payudara bahkan tidak mengalami pertumbuhan sama sekali. Gejala yang dapat dirasakan pada penderita hipoplasia payudara adalah:

  • perkembangan payudara belum terlihat sejak usia 13 tahun atau pada usia normal wanita mengalami pertumbuhan buah dada
  • bentuk payudara tidak mengalami banyak perubahan
  • payudara tidak berkembang seiring bertambahnya usia penderita

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah pertumbuhan payudara?

1. Mencukupi asupan nutrisi

Tubuh dengan asupan nutrisi yang cukup dapat mendukung pertumbuhan buah dada menjadi lebih baik. Untuk terus mencukupi kebutuhan nutrisi, Anda dapat mengkonsumsi makanan sehat yang baik untuk payudara seperti sayuran hijau yang tinggi antioksidan seperti brokoli, makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat, telur, hingga kacang-kacangan. 

2. Menambah berat badan 

Kekurangan berat badan atau sebaliknya dapat mempengaruhi pertumbuhan payudara seseorang.   Jika pertumbuhan buah dada dirasa masih kurang akibat tubuh yang cenderung kurus, Anda bisa menambah berat badan dengan mengkonsumsi makanan tinggi lemak seperti produk olahan susu, daging, telur, hingga buah-buahan berlemak.

3. Berolahraga

Bagi Anda yang ingin memiliki tampilan payudara lebih baik, Anda bisa mencoba olahraga dengan gerakan yang berfokus pada otot dada, punggung, dan bahu dengan mengencangkan otot dada dibelakang jaringan payudara. Tak hanya baik untuk payudara olahraga yang berfokus pada otot dada, punggung, dan bahu ini juga dapat ikut memperbaiki postur tubuh Anda.

4. Penggunaan push up bra

Push-up bra didesain untuk menaikkan payudara dengan menyangga bagian bawah serta samping payudara. Wanita dengan ukuran payudara kecil sangat cocok untuk menggunakan push-up bra karena payudara akan terlihat lebih penuh dan berisi. Anda dapat menggunakan push-up bra untuk penggunaan setiap hari, dan bra ini jenis ini juga sangat aman dipakai saat tidur.

5. Melakukan operasi payudara

Jika langkah yang telah disebutkan sebelumnya masih kurang, Anda dapat melakukan operasi payudara dengan tujuan membuat payudara sesuai dengan keinginan. Operasi payudara dapat dilakukan dengan cara implan payudara, baik implan saline maupun silikon. Tentunya hal ini harus dilakukan dengan konsultasi serta pemeriksaan lebih lanjut pada payudara oleh dokter sebelum melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *