Menu Close

Manfaat Menggunakan Body Scrub untuk Perawatan Tubuh

body scrub

Body scrub merupakan produk yang kerap digunakan oleh banyak orang. Body scrub telah muncul sejak lama, dan bisa terbuat dari kopi, garam, bahkan gula. Selain dapat membuat kulit menjadi terasa sangat halus, body scrub juga memiliki beberapa manfaat lainnya.

Manfaat Body Scrub

Kulit memiliki mekanisme salah satunya yaitu desquamation, yaitu proses alami pergantian kulit, dan itu terjadi dalam siklus regeneratif yang konstan. Efisiensi mekanisme proses ini tergantung pada sejumlah faktor termasuk usia, jenis kulit, produk yang digunakan serta lingkungan Anda. Namun, proses ini tidak bisa 100 persen sempurna, dan bisa menimbulkan penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit.

Oleh karena itu, body scrub dibutuhkan untuk mengangkat sel kulit mati tersebut, sehingga dapat memberikan manfaat seperti:

Memungkinkan kulit untuk menyerap produk atau pelembap lebih baik

Dengan menghilangkan tumpukan sel kulit yang sudah mati, maka produk yang diaplikasikan setelahnya akan mudah meresap ke dalam kulit secara lebih menyeluruh.

Membuka pori-pori dan mencegah rambut tumbuh ke dalam

Dengan menggunakan body scrub secara teratur, pori-pori kulit akan terbuka, dan dapat mencegah benjolan yang tumbuh akibat pisau cukur dan rambut yang tumbuh ke dalam.

Body scrub membantu kulit menjadi lebih halus dan rata

Ketika kulit kering tidak dihilangkan, maka tekstur kulit akan terasa kasar saat disentuh, dan penampilannya menjadi kusam dan pecah-pecah. Setelah sel-sel kulit mati dan kering dibuang, maka kulit Anda akan lebih halus dan rata.

Jenis Body Scrub

Dulu body scrub hanya terdapat dua jenis, yaitu gula dan garam. Sekarang, sudah ada banyak jenis lulur yang berbeda di pasaran. Berikut adalah beberapa jenis body scrub yang paling umum ditemukan.

Body Scrub Garam

garam laut merupakan exfoliant alami. Tekstur garam laut yang abrasif dapat mengelupas sel-sel kulit mati dengan mudah.

Body Scrub Gula

Gula memiliki sifat humektan, yang dapat menarik air ke dalam kulit Anda, sehingga kulit bisa terhidrasi sekaligus sambil menghilangkan sel kering dan mati saat menggunakannya sebagai body scrub.

Body Scrub Kopi

Kopi memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kulit. Tidak hanya memiliki sifat sebagai exfoliant alami dan anti-inflamasi, kopi juga dapat meningkatkan sirkulasi dan menghaluskan kulit.

Body Scrub Lavender

Body scrub berbahan dasar lavender dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang teriritasi, menyembuhkan kulit yang meradang, serta menenangkan dan membuat rileks. Anda bisa menggunakan body scrub lavender sebelum tidur agar tidur Anda semakin nyenyak dan berkualitas.

Body Scrub Arang

Arang sering menjadi bahan utama untuk banyak produk kecantikan dan perawatan tubuh. Hal ini karena arang dapat menyerap semua kotoran dan sel kulit mati.

Cara Menggunakan Body Scrub

Menggunakan body scrub relatif lebih mudah. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

  • Bilas kulit dengan air hangat
  • Oleskan body scrub dengan ujung jari
  • Gosok tangan dan kaki dengan gerakan melingkar dan bergerak ke dalam
  • Bilas body scrub secara menyeluruh dengan menggunakan air hangat
  • Tepuk-tepuk kulit hingga kering, lalu biarkan sedikit lebih lembap

Setelah menggunakan body scrub, sebaiknya Anda tidak lupa untuk menggunakan pelembap. Mengaplikasikan produk pelembap saat kulit Anda masih lembap akan menambah kelembapan kulit. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan body scrub. Gunakan body scrub tidak lebih dari dua kali seminggu, karena jika berlebihan maka akan dapat membuat kulit jadi kering dan menimbulkan iritasi kulit.

Referensi:

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/benefits-of-body-scrubs#types

Diakses pada 24 Juli 2021

Proffer. https://www.drproffer.com/blog/5-benefits-of-a-body-scrub

Diakses pada 24 Juli 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *