Menu Close

Hindari Efek Samping, Pahami Cara Minum Cataflam Fast

cara minum cataflam fast

Cataflam Fast bisa dibilang merupakan obat pereda nyeri serbaguna. Obat yang berisi kalium diklofenak 50 mg ini bisa mengatasi berbagai nyeri di tubuh Anda, mulai dari sakit gigi, sakit kepala, sampai nyeri sendi. Bahkan obat ini juga mampu mengurangi gejala nyeri yang dialami penderita kanker! 

Namun, Anda mesti berhati-hati dan memahami benar cara minum Cataflam Fast. Bagaimanapun, obat ini merupakan golongan obat keras yang penggunaannya harus sesuai resep dokter. Penggunaan Cataflam Fast yang tidak sesuai dosis dapat memicu berbagai efek samping mulai dari yang ringan sampai parah. 

Di luar cara minum Cataflam Fast yang kurang sesuai, obat yang satu ini memang rentan menimbulkan berbagai efek samping yang mesti Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya. Berikut ini adalah berbagai efek samping yang bisa saja menimpa Anda setelah mengonsumsi obat yang dosis maksimalnya tidak boleh lebih dari 150 mg per hari ini. 

Mengantuk 

Jika Anda memang berniat mengonsumsi Cataflam Fast, pastikan Anda tidak akan menyetir ataupun melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Soalnya, efek samping paling umum dan mudah terasa dari penggunaan obat yang berisi kalium diklofenak ini adalah rasa kantuk yang kuat. Bisa berbahaya bukan jika Anda memaksa menyetir atau melakukan pekerjaan fatal lainnya dalam kondisi mengantuk? 

Gatal dan Ruam 

Gatal dan ruam umum terjadi apabila Anda tidak cocok dengan obat atau makanan. Pengonsumsi Cataflam Fast pun tidak jarang bisa mengalami reaksi alergi terkait kulit ini. Jadi, jangan kaget jika tiba-tiba Anda merasa gatal dan menjumpai ruam-ruam di kulit beberapa saat sehabis mengonsumsi Cataflam Fast. Artinya, Anda mungkin tidak cocok dengan jenis obat pereda nyeri yang satu ini. 

Gangguan Pencernaan 

Berbagai gangguan pencernaan dapat menimpa Anda ketika mengonsumsi obat ini. Apalagi jika cara minum Cataflam Fast yang Anda terapkan kurang sesuai, bersiaplah dengan berbagai masalah pencernaan yang bisa mengganggu aktivitas Anda. Beberapa gangguan pencernaan yang sering dialami oleh orang-orang yang mengonsumsi Cataflam Fast, antara lain diare atau sembelit, rasa mulas dan nyeri perut, juga mual dan muntah. 

Hidung Tersumbat 

Cataflam Fast sejatinya berisi 50 mg kalium diklofenak. Penggunaan senyawa ini bisa menimbulkan masalah ringan pada saluran pernapasan Anda. Tidak sedikit orang yang mengeluhkan mengalami hidung tersumbat ketika menggunakan obat pereda nyeri yang satu ini. 

Sakit Kepala 

Cataflam Fast memang ampuh untuk mengatasi berbagai nyeri. Namun, cara minum Cataflam Fast yang kurang tepat justru bisa memicu sakit kepala. Jenis sakit kepala yang merupakan efek samping dari obat keras ini bahkan tergolong cukup serius, yaitu vertigo. Di mana Anda akan mengalami sakit kepala yang membuat sekeliling Anda terlihat berputar. Ketika mengalaminya, lekaslah tidur dan mencobalah untuk rileks. Jika efek samping tidak mereda juga, jangan ragu untuk datang ke dokter. 

Nafsu Makan Menurun 

Anda bisa saja mengalami penurunan nafsu makan ketika mengonsumsi kalium diklofenak, tidak terkecuali Cataflam Fast. Tidak perlu terlalu khawatir dengan efek samping ini sebab gejalanya hanya bersifat temporer. Dalam 1-2 hari, nafsu makan Anda biasanya akan kembali muncul. 

Tekanan Darah Meningkat 

Penggunaan kalium diklofenak yang kurang sesuai ternyata bisa berbahaya karena meningkatkan tekanan darah. Karena alasan ini pula, penggunaan obat ini mesti sesuai resep dokter. Penggunaan obat-obatan yang berisi kalium diklofenak, seperti Cataflam Fast, pada penderita hipertensi pun mesti melalui peninjauan saksama oleh dokter Anda. 

Efek samping obat selalu ada, tidak terkecuali pada Cataflam Fast. Asalkan Anda mengerti cara minum Cataflam Fast yang benar dan penggunaannya berdasarkan resep dokter, Anda tidak perlu terlalu khawatir akan efek samping tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *