Menu Close

Berbagai Obat Pereda Nyeri dan Sakit Kepala di Apotek Selain Sanmol Sirup

sanmol sirup

Obat pereda nyeri atau obat penghilang sakit memang jadi solusi cepat untuk meredakan berbagai keluhan yang dirasakan, seperti sakit gigi, pegal-pegal, sakit kepala, dan sebagainya. Ada berbagai jenis obat penghilang rasa sakit yang bisa didapat di apotek, seperti misalnya Sanmol sirup dan merek lainnya.

Namun, apa saja jenis obat pereda nyeri yang bisa didapat di apotek dan yang perlu resep dokter? Anda perlu tahu terkait hal ini untuk berjaga-jaga dengan pengobatan sendiri di rumah.

Berbagai Obat Pereda Nyeri yang Bisa Didapat di Apotek

Obat pereda nyeri atau analgesik adalah untuk meredakan gejala yang dirasakan. Penyakit yang dialami seringnya tidak benar-benar sembuh dengan obat analgesik ini. Untuk mengobatinya, maka perlu tahu apa penyebab sebenarnya.

Obat pereda nyeri ini memang ada yang bisa didapat di apotek secara bebas. Ini untuk meredakan gangguan kesehatan yang dialami, jika tak kunjung sembuh maka perlu menghubungi dokter. 

Berikut berbagai obat analgesik yang bisa dibeli di apotek tanpa resep dokter.

  1. Paracetamol

Obat pereda nyeri yang sering digunakan oleh banyak orang adalah paracetamol. Obat paracetamol ini bekerja di bagian otak yang bertugas menerima pesan impuls rasa sakit dan pengatur suhu tubuh.

Paracetamol bisa mengurangi rasa sakit, tapi tidak bisa meredakan peradangan yang terjadi di tubuh. Makanya untuk mengatasi rasa nyeri yang disertai inflamasi, paracetamol kurang bisa diandalkan.

Namun, paracetamol punya keunggulan yaitu efek samping yang lebih sedikit. Itulah kenapa obat ini aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak. 

  1. Obat golongan Anti Inflamasi Non Steroid (AINS)

Selain paracetamol, ada pula obat penghilang rasa sakit dari golongan AINS. Obat ini juga bisa menghilangkan atau meredakan inflamasi jaringan. Obat ini bisa untuk mengatasi demam, kram saat menstruasi, pembengkakan karena cedera, sakit fifi, nyeri otot dan nyeri sendi.

Beberapa obat yang termausk golongan AINS ini ada yang bisa dibeli bebas di apotek, seperti ibuprofen, aspirin, asam mefenamat, naproxen, indometasin, dan diklofenak.

Masing-masing golongan obat ini dosisnya berbeda-beda. Maka, penting sekali untuk membaca instruksi yang tertera di label kemasan terkait dosis dan cara penggunaan.

Obat Pereda Nyeri dengan Resep Dokter

Selain obat yang bisa didapat di apotek, ada juga obat pereda nyeri yang perlu resep dokter untuk mendapatkannya. 

Obat-obat ini bisa masuk dalam golongan obat opioid, bisa juga tidak. Opioid merupakan golongan obat yang kuat sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan kecanduan. 

Berikut jenis-jenis obat penghilang sakit yang tergolong opioid, yaitu:

  • Morfin, biasanya untuk pereda nyeri yang digunakan sebelum dan sesudah prosedur operasi besar.
  • Kodein, yaitu obat yang sering dicampur dengan paracetamol atau obat non-opioid lain. Biasanya obat kodein ini untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang
  • Oksikodon, yaitu obat yang sering kali diresepkan untuk mengatasi rasa sakit sedang hingga berat
  • Hidrokodon, mirip dengan kodein, yaitu untuk dicampur dengan paracetamol atau obat pereda nyeri non-opioid lain. Namun penggunaannya untuk mengatasi sakit sedang hingga berat.

Konsumsi Sanmol Sirup untuk Meredakan Nyeri Tubuh Ringan

Sanmol sirup adalah obat yang berguna meredakan demam dan rasa nyeri seperti sakit gigi, sakit kepala, dan nyeri tubuh yang ringan lainnya. Dalam Sunmol sirup mengandung paracetamol sebagai zat analgetik dan antipiretik yang berkhasiat meredakan demam dan mengurangi rasa nyeri.

Demam biasanya terjadi karena adanya infeksi dalam tubuh, jadi pirogen dilepaskan untuk pertahanan. Pirogen ini nanti akan memberi sinyal ke otak sehingga akan terjadi peningkatan suhu tubuh.

Hal ini menyebabkan denyut jantung jadi lebih cepat dan otot berkontraksi yang membuat badan menggigil. Ini juga menyebabkan aliran darah di kulit menurun dan orang sakit jadi pucat.

Sanmol Sirup bisa meredakan demam pada anak, meringankan nyeri sendi dan nyeri otot ringan, mengobati nyeri dan demam setelah imunisasi, dan meredakan sakit gigi dan sakit kepala pada anak.

Referensi:

https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-obat-penghilang-rasa-sakit-dan-cara-kerjanya
https://toko.sehatq.com/produk/sanmol-sirup-60-ml

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *