Menu Close

Apa Itu Kutilos?

Kutil adalah infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan benjolan kecil, bertekstur kasar, berwarna pucat atau kecokelatan, serta terkadang terasa gatal dan sakit jika disentuh. Kutil atau veruka vulgaris (common warts) disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Kutilos bisa menjadi salah satu obat untuk mengatasi kutil.

Kutilos Larutan berkhasiat untuk mengobati mata ikan, kapalan, kutil dan kulit yang mengeras, peradangan pada kulit yang ditandai dengan kemerahan, kulit kering, menebal, bersisik karena penurunan kekebalan tubuh (psoriasis). Kutilos Larutan mengandung asam salisilat dan asam laktat yang dapat mengatasi permasalahan kulit yang infeksi, kering dan mengeras. 

Kutilos Larutan juga mengandung polidocanol yang dapat mengatasi rasa gatal pada kulit. Kutilos Larutan dapat digunakan menggunakan menuangkan ke kapas dan ditempelkan hanya pada daerah yang membutuhkan, lalu tutup dengan plester.

Virus ini menyerang dan menyebabkan kelainan pada kulit, sehingga kulit memproduksi keratin, yaitu protein penyusun rambut dan kuku, secara berlebihan. Kelebihan keratin ini akan menumpuk di permukaan kulit, sehingga terbentuk tekstur kulit baru yang disebut kutil.

Virus penyebab kutil dapat menular dengan mudah. Penularannya dapat terjadi jika seseorang bersentuhan langsung dengan kulit penderita kutil atau benda yang terkontaminasi virus HPV. Walau demikian, tidak semua orang yang bersentuhan dengan virus HPV akan terkena kutil. Hal ini sangat dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh masing-masing orang.

Kondisi yang meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kutil adalah lemahnya daya tahan tubuh atau imunitas. Itulah sebabnya, kutil lebih mudah dialami oleh  anak-anak yang sistem imunitasnya masih belum kuat dan pada lansia yang sistem imunitasnya sudah melemah. Kutil juga lebih mudah terjadi pada orang dengan gangguan sistem imun, misalnya penderita HIV/AIDS atau orang yang baru saja menjalani transplantasi organ.

Selain bersentuhan langsung dengan kulit penderita, kutil juga menular bila bersentuhan dengan benda yang terkontaminasi virus HPV. Virus HPV dapat bertahan hidup pada permukaan benda yang suhunya hangat dan lembap, seperti

  • Pakaian
  • Handuk
  • Pisau cukur
  • Gunting kuku
  • Sandal atau sepatu
  • Kaus kaki

Bila Anda ingin mengatasinya, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan apakah perbedaan yang muncul pada kulit merupakan pertanda kutil. Pada saat pemeriksaan, dokter melihat benjolan yang muncul pada kulit dan memperhatikan bentuk serta warna untuk mengetahui adanya ciri khas yang dapat menandakan kondisi kulit tertentu. Bila dari pengamatan tersebut belum jelas, dokter akan mengambil sampel kecil dari kulit Anda untuk diperiksa di laboratorium guna memastikan penyakit.

Setelah itu, dokter akan memberikan pengobatan. Selain menghancurkan kutil, beberapa pengobatan juga bertujuan untuk merangsang respons sistem kekebalan dalam melawan virus. Durasinya bisa membutuhkan waktu selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Obat yang diberikan dokter dapat berbeda-beda, bergantung pada kemunculannya. Dilansir dari American Association of Dermatology, berikut beberapa pilihan pengobatannya.

  • Cantharidin: obat yang akan dioleskan oleh dokter pada area yang terdampak guna membuat kulit melepuh dan memudahkan pelepasan kutil.
  • Chemical peel: obat kimia untuk mengupas lapisan kulit yang terdampak. Biasanya obat yang dipilih mengandung asam salisilat atau asam glikolat.
  • Cryotherapy: proses pengobatan melalui pembekuan dengan menggunakan cairan nitrogen.
  • Bedah kecil: dokter akan membedah kulit untuk mengangkat kutil.
  • Laser: laser akan membakar pembuluh darah kecil pada jaringan yang terinfeksi untuk menghancurkan kutil.
  • Imunoterapi: perawatan yang menggunakan sistem kekebalan tubuh pasien sendiri untuk melawan virus. Imunoterapi hanya dilakukan pada pasien dengan kondisi yang lebih parah atau sulit diobati.

Itulah kutilos yang bisa membantu untuk mengatasi penebalan kulit pada jari-jari kaki (mata ikan), kalus (kapalan), kulit yang mengeras dan kutil. Jika dengan menggunakan kondisi kutil tidak membaik, segera periksa ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *